KHASIAT BUNGA SEPATU DAN ROSEHIP

Bunga sepatu (hibiscus) memiliki khasiat yang melegakan dan anti sesak, yang bermanfaat untuk menurunkan demam dan mengurangi batuk. Bunga sepatu sangat baik jika dikombinasikan dengan bunga rosehip. keduanya sumber vitamin C yang sangat baik. Perlu diperhatikan Hibiscus rosa-sinensis merupakan bunga waru yang digunakan dalam ilmu obat-obatan. Jangan sampai tertukar dengan jenis kembang hiasan Hibiscus sino-chinensis yang tidak cocok untuk dibuat teh.
KHASIAT BUNGA SEPATU DAN ROSEHIP 
Bunga waru adalah tanaman menyegarkan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 
Bunga sepatu merupakan tanaman yang sangat populer sebagai bahan untuk membuat berbagai teh herbal. Di daerah Mesir, bunga ini digunakan sebagai bahan dasar karkade yang merupakan sejenis teh dingin yang memberikan pada pelancong atau pengunjung sebagai minuman yang menyegarkan setelah perjalanan jauh.
Jika dikombinasikan dengan bunga rosehip, waru dapat menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan untuk mengatasi gejala influenza dan gangguan pernapasan, serta batuk-batuk dan pilek. Paduan ini dapat mencegah masuknya virus influenza dan batuk kedalam tubuh kita.
CARA MEMBUAT TEH SEGAR BUNGA SEPATU DAN ROSEHIP
Untuk membuat seduhan teh yang melegakan, ambil dua bunga Rosehip segar yang sudah dicuci, lalu dipotong kecil-kecil dan letakan letakkan dalam mangkok, setelah itu rendamkanlah dalam air, dan biarkan semalaman. Setelah Rosehip lunak kemudian saring air kedalam panci dan tambahkan 5 ml atau 1 sendok teh kelopak bunga sepatu kering.
Tambahkan 250 ml atau 1 cangkir air panas ke dalam ramuan ini, tutup pancinya dan biarkan terendam. setelah campuran ini siap lalu saring ke dalam panci non almunium dan lalu dimasak hingga cukup panas untuk diminum. Tuangkan teh kedalam cangkir dan tambahkan madu untuk pemanis, minum secara teratur sepanjang hari bila perlu.