KHASIAT DARI BUAH ELDERBERRY

Buah Elderberry yang sudah masak memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Buah ini dapat dijadikan sirup atau minuman anggur untuk menurukan demam, mengurangi sakit tenggorokan, mencegah dan mengobati batuk dan pilek.
KHASIAT DARI BUAH ELDERBERRY

Buah Elderberry saraf dengan berbagai manfaat bagi kesehatan yang dapat menyembuhkan batuk dan pilek, menurunkan demam, dan mengurangi sakit tenggorokan.
Buah Elderberry merupakan tanaman obat-obatan dengan khasiat ekspektotan dan anti virus tertua. Sirup buah Elderberry sangat mudah dibuat sendiri dan sangat bermanfaat. Sediakan sirup ini selama musim dingin.
Sirup ini dapat dilarutkan dalam air panas atau dingin dan lemon jus untuk memperkuat daya tahan tubuh serta dapat mengobati batuk-pilek disertai demam. Sirup ini juga bisa langsung diminum untuk meredakan batukdan sakit tenggorokan. Selama kita menderita batuk dan sakit tenggorokan minumlah 2 atau 3 gelas sirup buah Elderberry sehari.
Cara membuat sirup buah Elderberry : 
1 kg pon buah Elderberry, 350 g atau 1,5 cangkir gula, parutan kulit buah jeruk dan jus jeruk, 10 biji ketumbar yang sudah digerus,1 batang kayu manis.
Cara memasaknya :
Masukan semua bahan dalam panci non alumunium dan panaskan perlahan hingga gula larut. Biarkan campuran ini dimasak dengan api kecil selama 20 menit. Setelah cairan dingin, saring dan tuangkan kedalam botol yang sudah disterilkan, lalu ditutup rapat-rapat. Sirup ini dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa bulan.