KHASIAT SIRUP BUNGA ELDER DAN JERUK NIPIS

Membuat sirup buah-buahan merupakan cara yang sangat menyenangkan untuk menikmati manfaat tanaman bagi kesehatan. Sirup buatan sendiri dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa bulan jika dimasukan kedalam botol yang tertutup rapat.
KHASIAT SIRUP BUNGA ELDER DAN JERUK NIPIS 
Untuk melindungi tubuh dari batuk dan pilek dimusim panas, minum dengan bunga elder yang sarat akan kandungan vitamin C.
Untuk membuat sirup bunga elder dan jeruk nipis kita siapkan : 
10 pucuk bunga elder segar, 2-3 buah jeruk nipisyang sudah diiris, 675 g atau 3 cangkir gula, 5 ml atau 1 sendok teh asam sitrat, 5 ml atau 1 sendok teh krim tartar, 1 liter atau 4 cangkir air mendidih.
Cuci dan pilihlah bunga elder dengan teliti, kita buang bunga yang terlihat tidak segar. Letakanlah bunga dengan irisan jeruk nipis dalam mangkuk besar, tambahkan gula, asan sitrat, dan krim tartar, lalu diamkan selama 12 jam.
Lalu tuangkan air yang mendidih kedalam mangkuk tersebut dan diamkan selama 24 jam. Saring sirup kedalam botol yang sudah disterilkan, dan segel botol dengan gabus. Untuk menyajikannya campurkan dengan 2x lipat air mineral.
Untuk mengobati batuk dan pilek dimusim panas, cobalah minum sirup elder dan jeruk nipis yang menyegarkan ini. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bunga elder berkhasiat sebagai anti radang selaput lender.
Minuman ini dapat melegakan tenggorokan dan rasa asamnya dapat membuat kita bersemangat saat merasa kurang enak badan. Sirup ini dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 bulan.