USAHA UNTUK MENURUNKAN KANKER



Tanpa kita sadari, bahan makanan yang kita olah dapat menimbulkan senyawa Karsinogen. Karsinogen merupakan senyawa-senyawa pencetus kanker yang terdapat didalam makanan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara-cara yang benar memperlakukan bahan makanan yang akan kita olah, sehingga kita dapat menghindari karsinogen dan menurunkan resiko kanker.
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan cara-cara memperlakukan bahan makanan =
1. Buang segera makanan yang tampak sudah jamuran, karena makanan tersebut kemungkinan besar mengandung aflatoksin, karsinogen liver yang sangat berbahaya. Aflatoksin paling banyak ditemukan didalam kacang tanah.

2. Jangan memanaskan minyak dengan suhhu tinggi. Hal ini untuk mencegah minyak tersebut berubah menjadi karsinogen. Jika memungkinkan makanan yang digoreng diganti dengan makanan yang direbus atau dikukus.

3. Hindari makanan yang diasap. Senyawa-senyawa karsinogen yang disebut Pollycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) terbentuk pada permukaan makanan selama proses pengasapan.

4. Jika memungkinkan, beli makanan organik. Zat aditif dan pertisida yang ditemukan dalam senyawa yang dibudidayakan diduga menjadi karsinogen.
5. Usahakan membeli sayuran atau bahan makanan produk lokal, karena memungkinkan lebih kecil mendapat perlakuan kimia untuk menghindari cepat membusuk.
Semoga dengan sedikit informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua salam…