KEUTAMAAN SENG BAGI TUBUH

Menurunnya kadar seng dalam tubuh kita dapat menurunkan fungsi optimal daya tahan tubuh. Jika kita merasa lesu, sering tertular yang namanya flu dan batuk disertai pilekdan hidung tersumbat, kemungkinan besar kita kekurangan seng dalam tubuh.
Seng merupakan mineral pokok yang diperlukan untuk melakukan prose salami tubuh. Seng penting pula bagi fungsi sel dan pembelahannya, tapi sayangnya riset menunjukan bahwa kekurangan seng sangat sering dialami banyak orang.
Persediaan seng dalam tubuh akan terkuras oleh stres, olahraga keras (mineral ini dikeluarkan melalui keringatyang berlebihan), merokok, dan konsumsi teh, kopi, alkohol, serta makanan olahan dalam jumlah banyak.
Walaupun kita banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, kemungkinan besar buah dan sayuran tersebut ditanam dalam tanah yang rendah kadar mineral penting dan trace element (unsur di alam yang ditemukan dalam jumlah sangat sedikit, namun diperlukan untuk kelangsungan hidup), termasuk seng.
KEUTAMAAN SENG BAGI TUBUH
Dengan mengkonsumsi binatang laut bercangkang tiap hari kita dapat meningkatkan kadar seng dalam tubuh.
Beberapa sumber alami seng dapat ditemukan pada binatang laut yang bercangkang, terutama pada kerang, kepiting, dan kerang hijau. Hati dan ragi bir kering juga memiliki kandungan seng yang tinggi. Sumber seng lainnya terdapat pada keju keras, telur, daging sapi, kalkun, dan biji labu.
Untuk memastikan kita mendapatkan asupan seng yang cukup,minumlah seng antara 15-20 mg sehari dengan segelas jus jeruk (vitamin C meningkatkan penyerapan seng dalam tubuh). Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsikan suplemen seng saat perut dalam keadaan kosong karena dapat menyebabkan mual.
Untuk mengatasi batuk disertai pilek kita bisa menghisap permen obat batuk seng, yang banyak dijual di toko kesehatan dan apotek. Seng dipercaya memiliki efek langsung pada virus flu dan batuk disertai pilek dimulut, hidung, dan tenggorokan , yang dapat mencegah virus berkembang biak.