BALSAM LAVENDER DAN MINYAK EKALIPTUS

Hidung tersumbat adalah salah satu gejala batuk-batuk yang sangat mengganggu, metode tradisional dengan mengoleskan balsem lavender dan minyak ekaliptus pada dada dan punggung sangat manjur untuk melegakan sinus tersumbat.
Campurkan pucuk Lavender segar atau kering dan minyak ekaliptus dalam balsam
Lavender dan minyak ekaliptus yang dikombinasikan dapat menjadi balsam dekongestan yang efektif. Minyak ekaliptus merupakan obat tradisional suku Aborigin yang digunakan untuk mengatasi demam. Minyak esensial pun memiliki khasiat antiseptik yang ampuh. 
Aroma minyak ini menyegarkan dan dapat menembus pori-pori kulit. Selain itu, dapat menstimulasi sistem daya tahan tubuh. Lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, dekongestan, dan ekspektoran. Lavender merupakan obat penenang yang efektif.
Balsem dada untuk waktu tidur 
1. 50 gram petrolium jelly.
2. 15 ml atau 1 sendok makan pucuk bunga lavender kering.
3. 6 tetes minyak esensial ekaliptus.
4. 4 metes minyak esensial. 
Lelehkan petrolium jelly (pelembab pembentukan jeli) dalam mangkok di atas panci yang berisi air diatas api kecil. Masukan lavender dan panaskan selama 30 menit saring jeli cair dengan kain muslin dan dinginkan beberapa saat sebelum menambahkan minyak esensial. 
Tuangkan campuran ini kedalam stoples bersih dan biarkan hingga dingin. Usapkan balsam ini pada tenggorokan, dada, dan punggung bagian atas sesaat sebelum tidur agar minyaknya dapat diserap kulit dan uapnya dapat dihirup sepanjang malam. Perlu diperhatikan bahwa minyak ekaliptus dan camphor harus dihindari jika kita sedang menjalani pengobatan homeopati.