KEISTIMEWAAN KAYU MANIS CINA

Assalamualaikum Wr.Wb. pertemuan dikesempatan kali ini kami akan membahas tentang keistimewaan kayu manis cina yang menenangkan. Akar kayu manis cina ini berkhasiat untuk menyejukan dan menenangkan membran lendir. Khasiat anti- sesak dan ekspektorannya dapat membuka saluran pernafasan dan mengeluarkan dahak.
Pada zaman yunani kuno, kayu manis cina atau yang dikenal dengan sebutan liquorice ini digunakan sebagai pengobatan asma, masalah paru-paru, dan sakit mulut (sering merupakan tanda kelelahan). Rempah ini mengandung zat yang 50 kali lebih manis jika dibandingkan dengan gula, sehingga dapat menstimulasikan kelenjar adrenalin dan mendorong tubuh untuk memproduksi sendiri enzim hidrokortison.
Kayu manis cina dalam pengobatan tradisional digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah saluran pernapasan.
Dalam ilmu pengobatan modern, Hidrokortison merupakan obat penting yang digunakan untuk mengatasi kondisi pembengkakan berat, termasuk masalah paru-paru serius.
Teh obat batuk kayu manis
Akar kayu manis cina kering biasanya dapat dibeli di toko kesehatan. Akar ini bisa direbus dengan perbandingan 115 gr akar kering dengan 600 ml atau 2 ½ cangkir air untuk membuat teh yang menenangkan.
Untuk mengganti akar kayu manis cina kering, rendamlah beberapa batang liquorice hitam yang belum diberi pemanis dalam air mendidih dan biarkan larutan dalam air. Larutan ini dapat menjadi ekstrak yang kuat dan bisa digunakan untuk mengatasi batuk yang membandel.
Akar tanaman kayu manis cina yang dikeringkan dan berbentuk kayu jarang digunakan dalam masakan. Akan tetapi, penggunaannya dalam pengobatan sudah menjadi tradisi selama beribu-ribu tahun. Dalam obat-obatan cina, rembah ini dikenal sebagai zat pembantu proses detoks yang sangat baik. Karena dipercaya dapat membersihkan sistem tubuh dari racun.