PIJATAN UNTUK MENDERITA BATUK PILEK

Kekuatan sentuhan untuk menyembuhkan dan membuat tubuh terasa nyaman telah dikenal banyak orang. Minyak esensial dapat digunakan dalam pemijatan punggung bagian atas dan dada untuk perawatan batuk-pilek yang efektif dan membuat tubuh terasa rileks.
Pijatan menstimulasi sirkulasi darah dan merangsang pembuangan racun.
Pijat tidak hanya membuat tubuh rileks dam lepas dari ketegangan, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membuang racun. Sebelum digunakan, minyak tersebut harus ditambahkan dengan dasar minyak pijat yng cocok atau krim/losion tanpa pewangi.
Minyak wangi yang berkualitas tinggi, seperti minyak bunga matahari, kenari, atau gandum sangat cocok digunakan sebagai minyak dasar untuk memijat. Gunakan sebanyak 4-5 tetes minyak esensial untuk setiap 30 ml atau 2 sendok makan minyak dasar, losion, atau krim.
Memilih minyak esensial
Banyak sekali minyak esensial yang dapat membantu mengurangi gejala batuk pilek terutama minyak pohon teh, peppermint, lavender, dan ekaliptus. Selain itu, marjoram dapat mengurangi gatal-gatal karena batuk dan rasa sesak pada dada. Minyak esensial myrrh juga membantu mengatasi dahak yang kental dan batuk yang membandel.
Jika batuk-pilek kita sudah berkembang menjadi laryngitis(radang tenggorokan), cobalah gunakan kombinasi minyak kayu cendana, niaouli, dan sereh untuk memijat punggung bagian atas dan dada.
Pijatan pada punggung bagian atas dan dada
Untuk memijat, secara perlahan mulailah mengoleskan minyak diseluruh punggung bagian atas dan dada. Lalu, usapkanlah tangan kita dengan gerakan memijat agar minyak dapat diserap kulit. Pada punggung, lakukan gerakan memijat yang lebar. Sementara pada dada, lakukan gerakan kecil melingkar dengan ujung jari kita. 
Perhatikan daerah-daerah yang terasa kencang atau lunak dan berikan pijatan tambahan pada daerah ini. Jika tidak ada yang bisa memijat punggung kita, lakukan pijatan pada dada bagian atas untuk mendapatkan manfaat yang sama.