KHASIAT TONIK KELOPAK BUNGA MAWAR

Daun kelopak bunga mawar berkhasiat mendinginkan tubuh sehingga bermanfaat untuk menurunkan demam serta menghilangkan panas dan racun dari dalam tubuh. Khasiatnya dapat tetap awet dalam bentuk cuka obat. 
KHASIAT TONIK KELOPAK BUNGA MAWAR
Cuka kelopak bunga mawar adalah yang baik untuk mengobati batuk-pilek.
Cuka sari buah merupakan pilihan yang baik untuk membuat cuka obat. Cuka ini memiliki khasiat antiseptik dan dapat mengembalikan keseimbangan tubuh. Cuka buah frambozen, yang dibuat dari 115 gr atau 4 ons buah frambozen dan 600 ml atau 1 pint atau 2 ½ camgkir cuka apel sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan.
Untuk membuat tonik, tambahkan kelopak bunga mawar kering atau segar kedalam cuka dan biarkan terendam. Khasiatnya adalah pelega dan penyegar kelopak bunga mawar yang dapat memperkuat paru-paru dan baik untuk mengobati gejala batuk pilek dan influenza. Selain itu, kelopak bunga mawar dapat meredam sakit tenggorokan dan mengeringkan hidung yang berair. Bung mawar mampu menyegarkan tubuh dan dapat mengurangi rasa sakit kepala.  
Cuka bunga mawar
Cara membuat cuka bunga mawar diantaranya sebagai berikut :
Sediakan 50 gr kelopak bunga mawar segar 600 ml dan 2 ½ cangkir cuka apel. Untuk membuat cuka bunga mawar yang menenangkan, taruhlah semua bahan dalam stoples yang kedap udara. Tutup stoples tersebut dengan rapat, dan kemudian simpan ditempat yang hangat selama 10 hari. Lalu saringlah cairan ini kedalam stoples yang steril, tutup rapat serta simpan ditempat yang sejuk dan gelap.
Cuka ini bisa digunakan sebagai obat kumur untuk melegakan tenggorokan atau diminum sebagai obat batuk dengan dosis 5 ml atau 1 sendok teh, tiga atau empat kali sehari, selain itu, tonik ini bisa digunakan dengan cara menuangkan beberapa tetes keatas tisu, lalu diletakan padfa dahi untuk mengurangi sakit kepala akibat dari demam.