KHASIAT BALSEM LAVENDER

Hidung perih dan merah, serta bibir kering dan sariawan sering kali menyertakan batuk-pilek, gejala ini sebaiknya diobati secara lokal dengan mengoleskan salep kulit yang meredakan rasa sakit mengandung minyak tanaman obat.
Lilin lebah dan cocoa butter dapat dijadikan bahan dasar yang baik untuk membuat salep. Keduanya kaya akan pelumas pekat dan dapat membantu melembabkan kulit. Minyak gandum memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, yang sangat efektif digunakan pada kulit kering.
Selain itu, minyak ini dapat membantu menjaga keawetan krim. Lavender juga bahan tambahan yang baik untuk salep kulit karena berkhasiat untuk antiseptik, antivirus, dan anti pembengkakan.

Khasiat antivirusnya sangat baik untuk mengobati sariawan. Cara terbaik mencampurkan mencampurkan lavender dalam krim adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender.
KHASIAT BALSEM LAVENDER 
Lavender mempercepat penyembuhan kulit yang teriritasi dan mendinginkan pembengkakan
Pelega kulit dari lavender
          5 ml atau 1 sendok teh lilin lebah,
5 ml atau 1 sendok teh cocoa butter, 
5 ml atau 1 sendok teh minyak gandum, 
5 ml atau 1 sendok teh almond,
Masukan bahan kedalam mangkok kecil. Letakan mangkok diatas panci yang berisi air panas dan aduk semua bahan hingga lilin mencair. Lalu angkat mangkok dari atas panci dan dinginkan selama beberapa menit sebelum menambahkan 3 tetes minyak esensial lavender. 
Tuangkan campuran  kedalam stoples kecil dengan tutup kedap udara dan biarkan hingga dingin. Kemudian simpan krim di tempat yang tidak terkena sinar atau panas, dan gunakan seperlunya.