KHASIAT OBAT HIRUP AROMATIK

Menghirup uap panas bermanfaat untuk menghangatkan dan melembabkan saluran pernapasan. Menambahkan minyak esensial dapat membantu membuka dan merelaksasi saluran pernapasan, membersihkan saluran hidung hidung yang tersumbat, dan menenangkan membran lendir.

Untuk memdapatkan manfaat optimal, hiruplah uap sepanas mungkin. Akan tetapi hati-hati agar tidak sampai membakar hidung dan tenggorokan. Uap yang sangat panas merupakan kondisi yang sangat ditakuti virus serta mendukung kerja antibakteri dan antivirus dari minyak esensial  untuk membunuh kuman.
KHASIAT OBAT HIRUP AROMATIK

Menghirup uap yang sudah ditambahi aroma minyak ekaliptus atau pohon teh adalah antiseptik yang sangat kuat dan dapat melegakan sinus yang tersumbat.
Dalam membuat obat hirup untuk batuk-pilek berat, minyak ekaliptus dan minyak pohon teh adalah kombinasi yang ideal. Penelitian telah membuktikan bahwa minyak teh aktif melawan segala jenis organisme yang menyebabkan infeksi seperti bakteri, jamur, dan virus.
Selain itu, minyak pohon teh merupakan stimulan daya tahan tubuh yang sangat kuat sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan organisme terseut. Ekaliptus juga berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang ampuh. Aromanya yang tajam membuatnya terkenal sebagai dekongestan (pereda pilek) yang baik.
Obat hirup dari ekaliptus dan pohon teh
Didihkan air dalam teko dan tuangkan sekitar 600 ml atau 2 ½ cangkir air panas ke dalam mangkok besar seukuran baskom. Tambahkan 3 tetes minyak esensial ekaliptus. Duduklah