KHASIAT MINYAK ESENSIAL

Minyak esensial mengandung sari tanaman herbal dan khasiatnya terkandung dalam bentuk konsentrat tinggi. Aroma terapi adalah penggunaan minyak esensial untuk pengobatan. Aroma terapi bekerja dengan cara dihirup dan diserap ke dalam kulit.

Dengan beberapa pengecualian, minyak esensial tidak pernah dioleskan langsung pada tubuh. Akan tetapi, minyak dicampur dengan elemen dasar yang sesuai, seperti air ( untuk berendam) atau minyak sayur (untuk pijat). 
KHASIAT MINYAK ESENSIAL
Menghirup minyak esensial merupakan cara yangh cepat untuk menikmati manfaat minyak ini bagi kesehatan.
Obat batuk-pilek aroma terapi

Banyak sekali minyak esensial yang dapat menenangkan dan meredakan batuk-pilek. Beberapa minyak yang paling efektif, antara lain sebagai berikut : pohon teh (tea tree), dan ekaliptus. Yang telah lama digunakan dalam pengobatan suku Aborigin.
Kedua minyak tersebut memiliki khasiat antiseptik yang sangat kuat dengan aroma yang dapat membersihkan dan meresap kulit. Peppermint, rosemary, lavender, frankincense, kayu cendana, dan melati juga baik digunakan untuk mengobati batuk-pilek.
Peppermint dan rosemary memiliki aroma yang segar dan membangkitkan semangat.  Disamping itu, dapat membantu melegakan sinus yang tersumbat dan mengatasi sakit kepalakarena batuk-pilek. Lavender juga berkhasiat sebagai antivirus dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Selain itu, lavender dapat mengurangi pembengkakan dan mengembalikan keseimbangan tubuh. Frankincense dan kayu cendana baik untuk melegakan penyumbatan yang terjadi pada batuk paru-paru dan pilek.selain itu, melati bermanfaat untuk mengobati peradangan dan infeksi dada.
Perlu di perhatikan bahwa minyak esensial tidak untuk digunakan sebagai obat dalam dan harus digunakan dengan teliti dan hati-hati.