PENGERTIAN BATUK-PILEK SECARA GLOBAL DAN TIPS PENCEGAHANNYA


PENGERTIAN BATUK-PILEK SECARA GLOBAL DAN TIPS PENCEGAHANNYA
Batuk-pilek merupakan penyakit yang sudah dikenal sebagai penyakit infeksi, yang paling sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan lebih dari 200 jenis virus batuk-pilek serta bertambahnya jenis virus influenza baru setiap musim, umumnya orang akan menderita batuk-pilek setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun.
Karena begitu banyaknya jenis virus batuk-pilek, tidak heran jika obat yang bener-bener mujarab belum berhasil ditemukan. Sebagai gantinya, bermacam-macam jenis obat yang dijual bebas tersedia untuk membantu kita menghadapi berbagai gejala batuk-pilek yang tidak menyenangkan.
Pada umumnya, pengobatan tersebut hanyalah bertujuan untuk menahan gejala penyakit, atau memukul tepat di kepala, agar kita dapat meneruskan rutinitas seperti biasanya. Akan tetapi, obat-obatan kimia tersebut sering kali memiliki efek samping yang tidak kita hendaki, yang dapat menciptakan masalah baru bagi tubuh kita.
Jika digunakan dalam jangka panjang, obat-obatan tersebut justru akan menurunkan daya tahan tubuh karena tubuh kita sibuk dalam menghadapi sisa racun yang tertinggal dari zat hasil olahan kimia. Kenyataan ini membuat orang semakin tertarik dengan obat-obat alami tradisional yang telah dipraktekan selama ratusan tahun, sejalan dengan semakin banyaknya jumlah orang yang mencari pengobatan efektif  yang ringan dan tidak beracun.
APAKAH ITU BATUK PILEK
Batuk-pilek biasa disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan atas yaitu hidung, tenggorokan, dan saluran sinus. Setiap hari udara yang kita hirup mengandung banyak virus berbahaya (patogen), yang diperangi dan ditangkal saluran pernapasan sebelum memasuki tubuh.
Salah satu barisan pertahanan tubuh yang terdepan adalah hidung. Kita mengandalkannya untuk menangkap dan menetralisasi patogen. Dengan sistem penghangat ruangan terpusat dan kurangnya udara segar. Membran lendir salah satu hidung dan sinus akan membengkak dan tersumbat oleh oleh lendir yang mengental.
Jika sistem pernapasan tidak dapat mengatasi patogen secara efektif, patogen akan memasuki jaringan tubuh dan  mulai merusak sel, sehingga mengakibatkan pembengkakan dan berbagai gejala batuk-pilek.
Gejala umum
Batuk pilek biasanya datang secara tiba-tiba, gejalanya cukup ringan, dan hanya berlangsung selama kurun waktu tertentu. Rata-rata batuk-pilek berlangsung selama seminggu hingga sepuluh hari. Biasanya, tahap pertama batuk-pilek ditandai dengan bersin, mata berair, dan sakit tenggorokan karena membran lendir yang membengkak. Tahap ini juga bisa disertai meriang dan kedinginan, yang merupakan tanda meningkatkannya suhu tubuh saat berusaha membunuh kuman yang masuk. Gejala lain yang menandakan kenaikan suhu tubuh adalah rasa sakit pada persendian dan rasa lesu.
Gejala tersebut muncul karena menyebarnya virus keluar lokasi utama infeksi (di dalam hidung dan tenggorokan), menuju alliran darah dan organ serta jaringan tubuh lainnya. Setelah itu, tubuh akan menjadi rentan terhadap infeksi saluran pernapasan sekunder, seperti sinusitis, radang tenggorokan, infeksi saluran telinga, dan bronkitis. Penyakit tersebut biasanya jauh lebih serius dan tidak menyenangkan dibandingkan batuk-pilek biasa.
Selama menderita batuk-pilek, tubuh memproduksi lebih banyak lendir untuk membantu menangkap kuman yang masuk. Setelah tahap hidung berair selesai, biasanya akan diikuti dengan tahap hidung tersumbat yang juga bisa disertai batuk.
Batuk
Batuk merupakan gerakan refleks tenggorokan (bronchi) yang dirancang untuk membuang lendir yang berlebihan dari saluran  tenggorokan. Batuk dapat dibagi menjadi dua kategori, yang masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda. Batuk berdahak membutuhkan pengobatan yang dapat membantu tubuh mengeluarkan lendir yang berlebih.
Sementara itu, jika menderita batuk kering dan gatal, membran lendir telah menjadi terlalu bengkak sehingga menyebabkan batuk walaupun tidak ada lendir yang harus dikeluarkan. Batuk seperti itu sangat melelahkan dan membutuhkan perawatan yang dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi reaksi kejang batang tenggorokan yang mengganggu.
TERTULAR BATUK-PILEK
Kita percaya bahwa batuk-pilek terjadi karena kemasukan kuman. Walaupun ada benarnya, tetapi pernyataan itu tidak dapat menjelaskan bagaimana sebagian orang bisa tertular batuk-pilek, sementara yang lain tidak meski berhadapan juga dengan virus yang sama. Pertama-tama, harus menciptakan tempat berkembang biak yang cocok dalam tubuh sebelum kuman bisa bertahan.
Jika kita tertular batuk-pilek maka berarti bahwa daya tahan tubuh sedang kurang prima dan tubuh kita tidak dapat memerangi infeksi. Ada beberapa alasan mengapa penularan ini bisa terjadi, dan ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya.
INDIKATOR GAYA HIDUP
Penelitian menunjukan bahwa banyak masalah pernapasan yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya udara segar dan olahraga, pernapasan pendek, sikap tubuh yang tidak baik, merokok, dan polusi udara yang dapat membebani paru-paru. Sementara itu mengkonsumsikan banyak produk susu, gula, dan karbohidrat olahan dapat membebani  tubuh karena dapat melemahkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produksi lendir.
Kesehatan yang baik berhubungan dengan gaya hidup yang seimbang. Olahraga yang teratur, istirahat dan tidur yang cukup, pola makan yang seimbang, pekerjaan yang memuaskan, dan hubungan orang lain yang menyenangkan, semuanya dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran.
Kehika salah satu aspek kehidupan yang tidak seimbang, maka hal ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Semakin panjang periode ketidak seimbangan ini, dapat mengakibatkan semakin lemahnya daya tahan tubuh kita, kita dapat meningkatkan  daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat dengan cara meminum banyak jus buah segar dan air putih, serta mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan salat organik.
PENGOBATAN HOLISTIK
Dalam pengobatan alami, batuk-pilek tidak dilihat sebagai hal yang buruk karena proses alami untuk membuang racun dari dalam sistem tubuh dan memberikan waktu istirahat yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pengobatan alami yang tidak mengabaikan dan atau menahan batuk-pilek, tetapi dirancang untuk bekerja bersama tubuh dalam mengenali gejalanya sebagai bagian dari proses penyembuhan sendiri tubuh kita.
Pengobatan holistik merupakan cara untuk membantu tubuh kita agar tetap kuat dan sehat dengan perawatan tanpa obat, yang bebas dari efek samping. Jika kita sedang mengalami menderita hidung berair, sakit tenggorokan, sakit persendian, suhu tinggi atau sinus yang tersumbat, maka pengobatan holistik dan pengobatan alami dengan berbagai tanaman herbal tertentu, semua ini bisa membantu untuk meredakan dan mengobati sakit tersebut. Tanpa harus memilih bermacam-macam dan berbagai obat dari apotik yang dapat menyebabkan efek samping yang tidak kita hendaki.
PERAWATAN BATUK-PILEK
Sebenarnya terdapat ratusan pengobatan alami yang dapat menyembuhkan dan meringankan gejala batuk-pilek, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagian besar orang selama berabad-abad yang lalu menggunakan pengobatan alami dalam berbagai tradisi pengobatan diseluruh penjuru tanah air.
Semua pengobatan didasarkan atas pengobatan holistik / pengobatan tanpa obat, yang merupakan prinsip yang melihat jalan menuju kesehatan sebagai keseimbangan yang baik antara kesehatan mental, fisik, dan emosi. Holistik merupakan prinsip yang diciptakan untuk menstimulasikan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Metode penyembuhan tersebut, antara lain penyembuhan homeopati, reiki, dan kristal. Serta metode langsung seperti pijat dan pijat refleksi, dan ada juga pengobatan yang menggunakan daun, buah, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Yang tentunya dapat mengobati atau gejala penyakit yang menyerang tubuh kita. Semoga apa yang kami sajikan diatas bisa bermanfaat, dan bisa menambah gairah hidup yang lebih baik, salam…