OBAT SIRUP DARI THYME DAN BORAGE

Manfaat dekongestan dan ekspektoran Borage menjadikan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat obat sirup batuk dalam resep tradisional. Borage sangat baik dikombinasikan dengan tyme yang berkhasiat sebagai antiseptik.
Membuat obat sirup batuk sendiri sangatlah mudah. Ramuan dari thyme dan borage berikut ini dapat disimpan dalam lemari es selama 2 bulan jika dimasukan ke dalam botol yang tertutup rapat. Minum sebanyak 5 ml atau 1 sendok teh untuk melegakan batuk kering yang gatal. 
Bunga tanaman borege yang halus dan berbentuk bintangdapat dimakan mentah-mentah sebagai salad.
Sirup obat batuk herbal :
- 25 gr Thyme segar atau 15 gr thyme kering.

- 25 gr bunga dan daun Borage segar atau 15 gr yang kering.

- 2 x 5 cm batang kayu manis.

- 600 ml atau 2 ½ cangkir air.

- Jus 1 buah lemon.

- 100 gr atau ½ cangkir madu.
Masaukan semua tanaman rempah-rempah tersebut didalam panci non alumunium bersama dengan batang kayu manis dan air. Rebus hingga mendidih, tutup, dan masak selama 20 menit. Saring airnya dan kembalikan ke dalam panci. Masak tanpa ditutup hingga jumlahnya berkurang setengah.
Masukan jus lemon dan madu sambil diaduk, lalu masak kembali dengan api kecil selama 5 menit. Tuangkan ke dalam botol, tutup rapat, dan simpan dalam lemari es. Khasiat borage yang mendinginkan dan membersihkan membuatnya sangat baik digunakan untuk mendetoks sistem tubuh dan untuk mengatasi kondisi lain yang berhubungan dengan panas berlebihan.