KHASIAT TINCTURE DARI BUNGA ELDER

Tincture dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Cara ini efektif untuk mendapatkan ekstrak bahan aktif dari tanaman. Tincture dapat dibuat dengan merendam tanaman segar atau kring dalam campuran alkohol dan air.
Bunga pohon elder yang berwarna putih sangat mujarab untuk mengatasi batuk-pilek disertai influenza. Gejala awal penyaki tini adalah rasa sakit pada persendian, sakit tenggorokan, kedinginan, rasa resah, dan demam. Bunga elder dapat menstimulasi sistem tubuh dan membuat tubuh keringat.
KHASIAT TINCTURE DARI BUNGA ELDER 
Khasiat anti-radang selaput lendir dari bunga pohon elder yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk tincture (pengobatan batuk-pilek).
Keringat dapat membersihkan tubuh, membuang racun melalui pori-pori kulit, dan merupakan cara tubuh untuk melawan infeksi. Bunga elder juga memiliki efek merelaksasi dan dekongestan pada saluran pernapasan sehingga dapat mengurangi kejang otot dan mengeluarkan dahak.
Kita bisa mendapatkan manfaat bunga elder sepanjang tahun dengan membuatnya menjadi tincture. Obat dengan bahan dasar alkohol ini dapat disimpan selama 2 tahun wah lama juga ya. Karena obat ini sangat tinggi konsentrasi ekstraknya, sebaiknya kita tidak menggunakan melebihi dosis 5 ml atau 1 sendok teh, tiga atau empat kali sehari. Kita bisa melarutkan bunga elder dalam sedikit air atau dengan menambahkan jus buah kesukaan kita.
Obat batuk – pilek
- 15 gram bunga elder kering.

- 250 ml atau 1 cangkir vodka yang yang ditambah air sehingga menjadi 300 ml atau 1 ½ cangkir.
Letakan bunga elder kering kedalam toples kaca, kemudian tuangkan camputran vodka dan air. Segel stoples ini dan simpan ditempat sejuk selama 7-10 hari (tidak lebih), sambil mengocoknya sesekali. Saring campuran ini dengan saringan yang dialasi serbet sebelum menuangkan campuran kedalam botol yang sudah disterilkan. Kemudian simpan ditempat yang dingin dan gelap. Semoga apa yang kami informasikan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang Budiman.